Minggu, 06 Maret 2016

Bedak Dingin, Solusi Perawatan Kecantikan ala Tradisional


Banyaknya produk kecantikan modern yang bermunculan seperti saat ini membuat sebagian wanita justru melupakan cara dan bahan perawatan kecantikan secara tradisional. Padahal produk perawatan kecantikan tradisional ini jauh lebih bagus dan tentunya sangat aman untuk digunakan, karena tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti pada produk kecantikan modern. Sebut saja bedak dingin, yang dulunya sering digunakan oleh wanita untuk merawat dan menyejukkan kulit wajah. Bahkan bedak tradisional ini juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit yang muncul seperti jerawat dan kulit kusam.
Sebenarnya bedak dingin ini sendiri bukanlah seperti bedak yang seringkali kita gunakan saat merias wajah, melainkan lebih mirip dengan masker wajah. Untuk mendapatkan khasiat dari bedak dingin, kamu tinggal mengoleskannya ke seluruh bagian wajah dan juga leher secara merata. Dan waktu terbaik untuk merawat wajah menggunakan bedak ini adalah saat sebelum tidur di malam hari.

Apa saja khasiat bedak dingin?

Berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan ramuan tradisional ini dalam merawat wajah.
1. Menjaga kelembaban dan menghaluskan kulit
Beras yang menjadi bahan utama pembuatan bedak dingin mengandung segudang nutrisi untuk kulit, salah satunya vitamin B dan tiamin yang mampu menjaga kelembaban dan kesegaran kulit wajah. Selain itu, penggunaan bedak dingin ingin akan memberi efek menyejukkan pada wajah, apalagi setelah kamu beraktivitas seharian di luar rumah dan terkena terik matahari secara langsung. Penggunaannya secara teratur akan membuat wajah kamu tampak lebih sehat dan cerah alami, dibandingkan jika kamu menggunakan bedak atau masker wajah yang sudah melewati proses kimia.
2. Menghilangkan jerawat
Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah karena ukuran pori-pori wajah yang besar sehingga memudahkan debu ataupun bekas make up masuk ke dalam pori-pori, yang pada akhirnya dapat memicu timbulnya jerawat. Nah salah satu kehebatan bedak dingin ini yakni dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori wajah yang besar, sehingga dapat memperkecil resiko munculnya jerawat. Selain itu, bedak dingin juga dapat membantu menyembuhkan jerawat yang sudah terlanjur muncul dan menghilangkan bekasnya.
3. Anti penuaan dini
Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, bedak dingin dapat menjaga kelembaban kulit sehingga menjauhkan kulit dari kekeringan dan garis-garis halus yang menjadi salah satu tanda penuaan dini. Bedak dingin ini juga dapat membantu proses regenerasi atau perbaikan sel-sel kulit dan menghilangkan sel-sel mati yang menumpuk pada kulit wajah. (Baca juga: 7 Tanda Utama Penuaan Dini. Jangan Diabaikan!)
4. Penyembuh demam dan ruam pada bayi
Tidak hanya memberi manfaat untuk kesehatan kulit orang dewasa, bedak dingin ternyata juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang dialami bayi loh, seperti demam, ruam pada kulit dan menghilangkan bekas luka setelah terkena campak. Untuk bayi yang mengalami demam atau panas tinggi, kamu cukup mengoleskan bedak dingin pada bagian dahinya. Efek menyejukkan dari bedak dingin ini akan membantu meredakan panas yang dialami bayi. Sementara untuk menghilangkan ruam dan bekas luka, oleskan bedak dingin pada bagian-bagian tubuh yang memiliki ruam dan bekas luka secara teratur hingga bekas luka tersebut memudar.

Bagaimana cara pembuatan bedak dingin?

Cara pembuatan bedak dingin ini pun sangatlah mudah. Kamu hanya memerlukan air, beras yang masih utuh ataupun beras yang sudah dihaluskan dan berbentuk tepung beras, serta berbagai bahan pelengkap lain yang sudah dihaluskan seperti bengkoang, bunga mawar, atau bahan lain sesuai dengan keinginan kamu.
Jika semua bahan sudah siap, campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk merata hingga membentuk adonan seperti pasti sehingga mudah dibentuk. Kemudian bentuk adonan menjadi bulatan dan keringkan secara alami menggunakan sinar matahari atau cukup diangin-anginkan saja. Saat ingin menggunakannya, kamu cukup menghaluskan bulatan bedak dingin tersebut dan mencampurkannya dengan air secukupnya.
Namun jika kamu tidak ingin terlalu repot untuk membuat bedak dingin ini sendiri, kamu bisa membeli bedak dingin instan yang saat ini sudah cukup banyak beredar di pasaran dan di jual dalam bentuk butiran berwarna putih. Kamu tinggal menghaluskan butiran bedak tersebut dan mencampurkannya dengan air secukupnya.
Tertarik untuk mencoba perawatan alami menggunakan bedak dingin ini? Jangan ragu-ragu untuk menggunakan bahan perawatan alami ini yah, Toppers. Karena selain menyimpan segudang manfaat bagi kulit, bedak dingin juga tidak akan menimbulkan efek samping seperti pemakaian produk-produk kecantikan modern. Selamat mencoba! :D (Baca juga: Tips Make Up Ini akan Membuat Kamu Terlihat 10 Tahun Lebih Muda)
Sumber foto: healthxwellness.com, fda.gov
Sumber: https://blog.tokopedia.com/2014/10/bedak-dingin-solusi-perawatan-kecantikan-ala-tradisional/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar